ziarah haji 3

9 Tempat Ziarah Di Madinah Yang Wajib DiKunjungi Saat Haji

Ibadah Haji adalah ziarah Islam tahunan ke Mekkah, kota suci umat Islam, dan kewajiban bagi umat Islam yang harus dilakukan setidaknya sekali seumur hidup oleh semua orang Muslim dewasa yang secara fisik dan finansial mampu melakukan perjalanan ini.

Haji adalah satu dari lima Rukun Islam, di samping Syahadat, Salat, Zakat, dan Shaum. Haji adalah pertemuan tahunan terbesar orang-orang di dunia. Keadaan yang secara fisik dan finansial mampu melakukan ibadah haji disebut istita’ah, dan seorang Muslim yang memenuhi syarat ini disebut mustati.

Ibadah Haji adalah demonstrasi solidaritas orang-orang Muslim, dan ketundukan mereka kepada Allah Subhanahu wa ta’ala. Kata Haji berarti “berniat melakukan perjalanan”, yang berkonotasi baik tindakan luar dari perjalanan dan tindakan ke dalam niat.

 

Tempat Ziarah Wajib di Madinah Selama Ibadah Haji

 

Madinah, sebagai salah satu kota suci dalam Islam, memiliki sejumlah tempat ziarah penting yang wajib dikunjungi selama ibadah haji. Seperti Masjid yang ada di Madinah dan tempat bersejaarah di Madinah.

Berikut ini tempat yang berada di Madinah yang memiliki makna spiritual dan sejarah mendalam bagi umat Islam:

 

Masjid Nabawi

Masjid yang ada di Madinah ini adalah tempat terakhir Rasulullah Muhammad Shalallaahu Alaihi Wassalaam berdiam setelah hijrah ke Madinah. Berkunjung ke Masjid Nabawi adalah momen spiritual yang luar biasa, sambil berdoa di dekat makam Rasulullah Shalallaahu Alaihi Wassalaam.

 

Makam Rasulullah Shalallaahu Alaihi Wassalaam

Tempat yang penuh berkat, di dalam Masjid Nabawi terdapat makam Rasulullah Shalallaahu Alaihi Wassalaam. Ziarah ke makam ini adalah momen suci untuk mengucapkan salam kepada Nabi dan mendoakan keselamatan untuk umat Islam.

 

Bukit Uhud

Tempat bersejarah di Madinah ini terkenal dari peristiwa Pertempuran atau perang Uhud. Ziarah ke Bukit Uhud memberikan kesempatan untuk merenungkan keberanian dan ketabahan Rasulullah Shalallaahu Alaihi Wassalaam dan para sahabatnya.

 

Kuburan Jannat al-Baqi

Tempat ini adalah kuburan tempat banyaknya para sahabat Nabi di makamkan, serta keluarga dan kerabatnya. Ziarah ke makam Baqi mengajarkan rasa hormat dan mengenang jasa para sahabat Nabi yaitu para pendahulu Islam.

 

Masjid Quba

Masjid yang ada di Madinah ini dikenal sebagai masjid pertama yang dibangun di Madinah oleh Nabi Muhammad. Berkunjung ke Masjid Quba membawa keberkahan, karena Nabi Shalallaahu Alaihi Wassalaam pernah bersabda bahwa shalat di masjid ini setara dengan satu umrah.

ziarah haji 2

Kubah Hijau (Dome of the Prophet)

Kubah ini melambangkan keberkahan dan keagungan Rasulullah Shalallaahu Alaihi Wassalaam. Ziarah ke sini memberikan kesempatan untuk merenungkan warisan spiritual dan kepemimpinan Nabi Muhammad Shalallaahu Alaihi Wassalaam.

 

Baca juga : Biaya Haji Plus 2024

Makam Saidina Abu Bakar dan Umar

Dua sahabat terdekat Rasulullah, Abu Bakar dan Umar, dimakamkan di dekat makam Nabi. Ziarah ke makam keduanya saat berada di Madinah adalah momen untuk mengenang kepemimpinan dan kebijaksanaan mereka.

 

Gua Hira

Tempat bersejarah di Madinah yang satu ini adalah tempat di mana Nabi menerima wahyu pertama dari Allah Subhanahu wa ta’ala. Gua Hira menawarkan pengalaman spiritual dan refleksi mendalam tentang awal misi kenabian.

 

Makam Hamzah bin Abdul Muttalib

Pamannya Rasulullah dan pahlawan Islam yang gugur dalam Pertempuran Uhud. Mengunjungi makam Hamzah adalah bentuk penghormatan terhadap pahlawan perang Islam.

ziarah haji

Berkunjung ke tempat-tempat ziarah di Madinah ini selama ibadah haji memberikan kesempatan untuk mendalami sejarah Islam dan memperdalam spiritualitas. Dalam setiap langkah, umat Islam diingatkan akan kebesaran perjuangan dan ajaran yang diwariskan oleh Nabi Muhammad Shalallaahu Alaihi Wassalaam.

 

Semoga Ziarah Haji atau ibadah Haji Anda diberikan kemudahan, keberkahan dan dijadikan haji mabrur serta bermanfaat untuk keluarga, sahabat dan masyarakat sekitarnya.

 

Jika Anda ingin info lebih lanjut ibadah Haji regular atau haji plus, bisa juga hubungi admin kami di no WA 0812-3912-6320

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top