makanan kesukaan nabi muhammad 1

5 Makanan Kesukaan Nabi Muhammad SAW Yang Wajib Kamu Tau

Islam adalah agama yang dianut oleh miliaran orang di seluruh dunia, dan Nabi Muhammad Shalallaahu Alaihi Wassalaam adalah sosok sentral dalam ajaran dan sejarah Islam.

Selain perintah-perintah ilahi dan ajaran moral yang dibawanya, ada aspek lain dari kehidupan Nabi Muhammad Shalallaahu Alaihi Wassalaam yang sering kali menarik perhatian umatnya, yaitu kebiasaannya dalam makanan dan minuman.

Meski bukan pusat dari ajarannya, mengetahui makanan kesukaan Nabi Muhammad Shalallaahu Alaihi Wassalaam dapat memberikan kita wawasan tentang kehidupan sehari-hari beliau dan nilai-nilai yang dianutnya.

 

5 Makanan Kesukaan Rasulullah

 

  1. Kurma

Dalam banyak hadis, kurma dinyatakan sebagai buah kesukaan Nabi Muhammad Shalallaahu Alaihi Wassalaam dan makanan favorit.

Kurma adalah buah yang banyak tumbuh di daerah Arab, dan mengandung banyak nutrisi. Beliau seringkali memulai makan dengan mengonsumsi kurma sebelum makanan utama.

makanan kesukaan nabi muhammad

Baca juga : 5 Buah favorit Rasulullah

 

  1. Madu

Madu adalah sumber makanan lain yang sering dikonsumsi oleh Nabi Muhammad Shalallaahu Alaihi Wassalaam.

Madu dianggap sebagai makanan yang berkhasiat dan memiliki banyak manfaat kesehatan. Beliau sering mengonsumsinya sebagai minuman atau campuran dalam makanan lain.

makanan kesukaan nabi muhammad 2

 

  1. Gandum dan Roti

Gandum adalah salah satu komoditas pangan utama di daerah Arab pada masa itu. Roti yang terbuat dari gandum menjadi makanan pokok yang sering dikonsumsi oleh Nabi Muhammad Shalallaahu Alaihi Wassalaam.

Roti ini biasanya dimakan bersama dengan daging atau sayuran.

makanan kesukaan nabi muhammad 3

Baca juga : Tips Umroh Bulan Ramadhan

 

  1. Daging Kambing

Daging kesukaan Nabi Muhammad Shalallaahu Alaihi Wassalaam adalah daging kambing salah satu jenis daging yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Arab, termasuk Nabi Muhammad Shalallaahu Alaihi Wassalaam. Beliau sering mengonsumsi daging kambing sebagai bagian dari diet sehari-harinya.

makanan kesukaan nabi muhammad 4

 

  1. Susu dan Produk Susu

Minuman kesukaan Nabi Muhammad Shalallaahu Alaihi Wassalaam adalah produk susu seperti susu kambing.

Juga mentega menjadi kesukaan Nabi Muhammad Shalallaahu Alaihi Wassalaam.

Susu kambing seringkali dikonsumsi sebagai minuman, sedangkan mentega digunakan dalam memasak.

makanan kesukaan nabi muhammad 5

Baca juga: Promo Umroh Ramadhan

 

Cara Makan Rasulullah

Membaca Basmalah sebelum makan adalah Sunnah yang di anjurkan oleh Rasulullah Shalallaahu Alaihi Wassalaam  dan juga agar terhindar dari penyakit.

Makan menggunakan tangan Karena pada tangan kita mengeluarkan 3 macam enzim, tetapi konsentrasi di tangan kanan kurang sedikit dari yg kiri.

Ini adalah karena enzim yg ada di tangan kanan itu merupakan enzim yang dapat membantu proses pencernaan.

Rasulullah Makan Garam?

Mengikut cara Rasulullah Shalallaahu Alaihi Wassalaam, sebelum beliau makan,  Rasulullah akan mengambil sedikit garam menggunakan jari kecilnya, lalu Rasulullah akan menghisap garam itu.

Kerana garam adalah sumber mineral dari tanah yg diperlukan oleh tubuh manusia. Dua cecah garam dari jari kita itu adalah sama dengan satu liter air mineral.

Kita berasal dari tanah maka lumrahnya bahan yang berasal dari bumi (tanah) inilah yg paling berkhasiat untuk kita.

Kenapa garam? Selain dari sebab ia adalah sumber mineral, garam juga adalah penawar yang paling mujarab untuk keracunan. Garam juga dapat mencegah dari bahaya sihir dan makhluk-makhluk halus yang ingin menggangu manusia.

 

Makan Mengikuti Rasulullah

Meski makanan kesukaan Nabi Muhammad Shalallaahu Alaihi Wassalaam tidak eksklusif atau berbeda jauh dari makanan yang dikonsumsi oleh masyarakat Arab pada umumnya.

Namun mengetahui makanan-makanan ini dapat memberikan kita gambaran tentang kehidupan sehari-hari beliau.

Lebih dari itu, mengetahui kebiasaan makan Nabi Muhammad Shalallaahu Alaihi Wassalaam juga dapat menjadi inspirasi bagi umat Islam dalam menjalani kehidupan sehari-hari dengan penuh kesadaran akan apa yang dikonsumsi.

Sebagai umat Islam, kita diajarkan untuk menjalani hidup dengan seimbang dan penuh kesadaran, termasuk dalam hal makanan dan minuman yang dikonsumsi.

 

Dengan meneladani kebiasaan makan Nabi MuhammadShalallaahu Alaihi Wassalaam, kita dapat mempraktikkan nilai-nilai kehidupan yang dianut oleh beliau, seperti kesederhanaan, syukur, dan keseimbangan dalam menjalani kehidupan ini.

Sebagai penutup, mari kita selalu berupaya untuk memahami dan meneladani ajaran Nabi Muhammad Shalallaahu Alaihi Wassalaam dalam setiap aspek kehidupan kita, termasuk dalam pilihan makanan dan minuman kita sehari-hari.

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top