buah favorit nabi muhammad

5 Buah Favorit Nabi Muhammad Dan Manfaatnya Yang Sesuai Dengan Sunnah

Nabi Muhammad Shalallaahu Alaihi Wassalaam, sebagai Rasulullah terakhir dalam agama Islam, memberikan teladan dalam segala aspek kehidupan, termasuk dalam hal makanan dan minuman yang dikonsumsinya.

Di antara makanan yang beliau sukai dan konsumsi adalah buah-buahan yang memiliki banyak manfaat kesehatan.

Apa buah kesukaan Nabi Muhammad selain kurma? Mari kita eksplorasi beberapa buah favorit Nabi Muhammad Shalallaahu Alaihi Wassalaam dan manfaat kesehatan yang terkandung di dalamnya.

 

5 Buah Favorit Rasulullah Shalallaahu Alaihi Wassalaam

 

  1. Kurma

Salah satu makanan kesukaan Nabi Muhammad Shalallaahu Alaihi Wassalaam , adalah buah yang paling sering dikaitkan dengan Nabi Muhammad yaitu kurma.

Dalam banyak hadits, disebutkan bahwa Nabi Muhammad sering mengonsumsi kurma, terutama saat berbuka puasa.

Manfaat dari mengkonsumsi kurma adalah Kurma mengandung banyak vitamin dan mineral, serta serat yang baik untuk pencernaan.

Serta juga mengandung gula alami jadi Konsumsi rutin kurma dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan meningkatkan energi.

Buah Kurma juga dapat dijadikan camilan sehat, seperti kurma segar, jus kurma atau juga bisa di isi dengan kacang-kacangan atau keju untuk membuat camilan lebih lezat.

buah favorit nabi muhammad 1

 

  1. Buah Tin

Buah tin, atau yang dikenal dengan nama ‘fig’ dalam bahasa Inggris, juga merupakan salah satu buah favorit Rasulullah Shalallaahu Alaihi Wassalaam.

Buah ini kaya akan serat, vitamin, dan mineral seperti kalium, kalsium, dan magnesium.

Manfaat dari mengkonsumsi rutin buah tin dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan meningkatkan fungsi otak.

Buah Tin juga sering dijadikan camilan sehat. Buah tin dapat dikeringkan dan ditambahkan ke dalam granola atau yogurt.

Selain itu, buah tin juga dapat dijadikan salad dengan keju dan sayuran lainnya, dipanggang dengan taburan gula dan kayu manis, atau diolah menjadi makanan yang lebih unik lainnya.

buah favorit nabi muhammad 2

Baca juga : 5 Makanan Kesukaan Rasulullah

 

  1. Anggur

Nabi Muhammad Shalallaahu Alaihi Wassalaam juga dikenal mengonsumsi anggur segar dan kering.

Anggur juga dikenal sebagai sala satu buah dari surga. Ini adalah salah satu buah paling manis yang dikenal.

Buah anggur memiliki banyak manfaat kesehatan, seperti melancarkan peredaran darah, mencegah penyakit ginjal serta bagus untuk sistem pencernaan.

Buah anggur kaya akan antioksidan, yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh.

Manfaat dari mengkonsumsi buah anggur juga dapat mendukung kesehatan jantung, meningkatkan fungsi kognitif, dan memiliki efek anti-penuaan.

buah favorit nabi muhammad 3

 

  1. Delima

Delima adalah buah yang memiliki banyak khasiat menurut Al-Qur’an dan hadits. Delima kaya akan antioksidan, vitamin C, dan potassium.

Mengonsumsi delima secara rutin manfaatnya aadalah dapat membantu menjaga kesehatan jantung, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan mendukung kesehatan kulit.

Salah satu buah surga ini rasanya manis. Buahnya cenderung menyucikan jiwa dari kejahatan selama 40 hari. Buah delima disebutkan tiga kali dalam Al-Quran.

Dalam beberapa penelitian menyebutkan jika kandungan buah delima menunjukkan potensi efektif dalam mencegah kanker prostat, payudara, paru-paru, sampai usus besar.

buah favorit nabi muhammad 4

Baca juga : Rekomendasi Belanja Oleh-oleh Murah di Mekkah

 

  1. Zaitun

Buah Zaitun adalah buah yang juga disukai oleh Nabi Muhammad Shalallaahu Alaihi Wassalaam. Rasulullah sangat menyukai buah ini dan bahkan menggunakannya sebagai minyak untuk tubuh dan rambut.

Zaitun kaya akan antioksidan dan asam lemak tak jenuh tunggal yang manfaatnya baik untuk kesehatan jantung dan membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Zaitun merupakan buah favorit Nabi Muhammad Shalallaahu Alaihi Wassalaam yang kaya akan senyawa antioksidan dan antiinflamasi.

Buah zaitun juga dapat diolah menjadi minyak zaitun yang banyak sekali digunakan untuk memasak khususnya di daerah timur tengah dan eropa.

buah favorit nabi muhammad 5

 

Pilihan Sehat dengan Sunnah

Buah-buahan yang dikonsumsi oleh Nabi Muhammad Shalallaahu Alaihi Wassalaam bukan hanya lezat tetapi juga kaya akan manfaat kesehatan.

Mengikuti sunnah beliau dalam konsumsi buah-buahan ini dapat menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan dan keseimbangan dalam kehidupan.

Sebagai umat Muslim, menghargai dan mengamalkan sunnah Nabi dalam aspek-aspek kehidupan sehari-hari adalah bagian dari ibadah dan bentuk rasa syukur kita kepada Allah Subhanahu wa ta’ala atas segala nikmat yang telah diberikan-Nya.

Semoga kita semua dapat mengambil pelajaran dan inspirasi dari teladan Nabi Muhammad Shalallaahu Alaihi Wassalaam dalam menjalani kehidupan yang sehat dan bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top