Tips Buka Puasa di Masjid nabawi 1

Tips Berbuka Puasa di Masjid Nabawi Madinah Saat Umroh Bulan Ramadhan

Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan keutamaan bagi umat Muslim di seluruh dunia khususnya untuk jamaah di negara kita.

Bagi mereka yang berkesempatan untuk melakukan ibadah umroh di bulan suci ini, apalagi umroh Ramadhan 30 hari dengan kesempatan untuk berbuka puasa di Masjid Nabawi, Madinah, tentu menjadi momen yang tak terlupakan.

Namun, berbuka puasa di Masjid Nabawi Madinah lokasi yang sangat sakral ini juga memerlukan persiapan dan ketelitian tersendiri.

Walaupun umroh bulan Ramadhan pahalanya setara dengan Haji, kita tetap harus melakukan beberapa persiapan khususnya yang berangkat umroh menggunakan paket umroh Ramadhan dan paket umroh akhir Ramadhan 2024.

Berikut adalah beberapa tips untuk memaksimalkan pengalaman berbuka puasa Anda di Masjid Nabawi, Madinah saat menjalankan umroh pada bulan Ramadhan.

 

7 Tips Berbuka Puasa di Masjid Nabawi Madinah

Tips Buka Puasa di Masjid nabawi 4

  1. Tahu Jadwal Berbuka

Salah satu aspek penting saat berbuka puasa di Masjid Nabawi adalah mengetahui dengan pasti kapan waktu berbuka puasa.

Anda bisa memeriksa jadwal imsakiyah lokal di Madinah atau bertanya kepada pembimbing umroh dari agen travel yang Anda ikuti dan mutowif atau petugas masjid.

Pastikan Anda tiba di tempat berbuka beberapa saat sebelum waktu maghrib untuk mendapatkan tempat yang nyaman.

  1. Persiapan Peralatan

Membawa bekal berbuka puasa seperti kurma, air mineral, dan makanan ringan lainnya bisa menjadi ide yang baik.

Walaupun makanan untuk berbuka puasa di Masjid Nabawi biasanya sudah dipersiapkan oleh pihak masjid atau para donator yang ingin bersedekah di bulan Ramadhan.

Namun, perlu di ingat untuk tetap menjaga kebersihan dan ketertiban dengan membawa kantong sampah untuk membuang sampah Anda sendiri.

Baca juga : Tips buka puasa di Masjidil Haram

 

  1. Pilih Lokasi yang Strategis

Masjid Nabawi memiliki banyak area untuk berbuka puasa, baik di dalam maupun di luar masjid, Karena wilayah Masjid Nabawi yang tergolong luas.

Cobalah untuk memilih lokasi yang tidak terlalu ramai agar Anda dapat menikmati momen berbuka puasa dengan khusyuk dan tenang.

Tips Buka Puasa di Masjid nabawi 2

 

  1. Hormati Ruang Ibadah

Meskipun suasana berbuka puasa di Masjid Nabawi mungkin ramai dan bersemangat, pastikan Anda selalu menghormati ruang ibadah khususnya apabila Anda dapet tempat berbuka puasa di dalam Masjid Nabawi.

Hindari berbicara keras atau melakukan hal-hal yang dapat mengganggu ibadah orang lain, khususnya kepada orang disekitar yang sedang melaksanakan ibadah.

 

  1. Doa dan Dzikir

Manfaatkan momen berbuka puasa untuk berdoa dan berdzikir. Memanjatkan doa di tempat yang sangat sakral seperti Masjid Nabawi tentu memiliki makna yang mendalam.

Dan merupakan salah satu sebab dikabulkannya doa adalah di waktu menjelang berbuka puasa sesuai dengan Hadist Nabi tentang doa orang yang berpuasa adalah doa yang mustajab.

Dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al ‘Ash, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya do’a orang yang berpuasa ketika berbuka tidaklah tertolak.” (HR. Ibnu Majah no. 1753)

Luangkan waktu untuk berintrospeksi diri dan memohon ampunan serta berkah dari Allah Subhanahu wa ta’ala.

Baca juga : 5 makanan kesukaan Nabi Muhammad

 

  1. Berbagi dengan Sesama

Salah satu nilai dari ibadah puasa adalah rasa empati dan kepedulian terhadap sesame yaitu dengan bersedekah di bulan Ramadhan.

Jika Anda memiliki lebihan makanan atau minuman, berbagilah dengan jamaah lain atau penduduk setempat sebagai bentuk kebaikan dan solidaritas.

 

  1. Tetap Jaga Kesehatan

Meskipun berbuka puasa di tempat yang sacral yaitu Masjid Nabawi, jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan.

Konsumsi makanan yang seimbang dan hindari makanan yang terlalu berat atau pedas untuk menghindari gangguan kesehatan.

Tips Buka Puasa di Masjid nabawi 3

Baca juga : Promo Umroh Ramadhan 2024

Umroh Ramadhan Berbuka Puasa di Masjid Nabawi

 

Itulah 7 Tips Berbuka Puasa di Masjid Nabawi Madinah yang bisa Anda ketahui sebelum beribadah umroh bulan Ramadhan dengan Paket umroh Ramadhan 2024 sesuai Sunnah.

Berbuka puasa di Masjid Nabawi, Madinah, saat menjalankan ibadah umroh di bulan Ramadhan adalah pengalaman spiritual yang tiada duanya.

Dengan persiapan yang matang dan niat yang ikhlas, momen berbuka puasa Anda akan menjadi salah satu kenangan terindah dalam perjalanan ibadah Anda.

Selamat menjalankan ibadah umroh dan selamat berbuka puasa di tanah suci Madinah!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top