haji plus 5

Kenali Program Haji Plus dan Manfaatnya

Jika Anda ingin mengikuti program haji plus, tentu Anda harus menyediakan dana lebih besar dari program haji reguler. Perbedaannya cukup signifikan, yakni dalam hal biaya dan layanan di bidang waktu tunggu keberangkatan, fasilitas dan akomodasi. Program haji juga terbagi menjadi 4 yakni Haji Reguler, Haji ONH Plus serta Haji Plus Langsung Berangkat dan Haji Furoda.

haji plus 6

Perbedaan Haji Reguler dan Haji plus

Pengalaman berangkat haji merupakan pengalaman spiritual yang didambakan seluruh umat muslim. Haji merupakan rukun Islam kelima, Pergi berhaji adalah salah satu kesempurnaan dari perwujudan rukun islam. Ibadah haji memiliki hukum wajib minimal satu kali dalam seumur hidup bagi muslim atau muslimah yang sudah baligh, tetapi juga mampu secara finansial dan fisik.

Surat Ali-Imran:97 menyebutkan terkait dengan menunaikan haji yang merupakan kewajiban manusia kepada Allah SWT, yaitu bagi orang yang mampu untuk mengadakan perjalanan ke Baitullah. Istilah haji sebenarnya mengacu pada ziarah ke tempat tertentu dan di waktu tertentu dalam melakukan amalan tertentu.

Pemerintah Republik Indonesia menyediakan fasilitas berangkat haji bagi masyarakat Indonesia yang ingin menjalankan rukun Islam ke 5. Pemerintah memperkenalkan beberapa program yaitu haji reguler dan haji plus. Keduanya sama-sama program pemerintah namun beda di masa pemberangkatan. Jika reguler masa keberangkatannya kisaran 11 sampai 47 tahun. Lantas haji plus berapa tahun? Haji plus adalah haji dengan masa tunggu keberangkatan yang lebih singkat yakni 5-7 tahun.

Memang, Anda harus menyiapkan dana yang tidak sedikit. Haji reguler biaya haji yang harus disediakan calon jamaah haji minimal Rp 50.000.000 sebagai Biaya Perjalanan Ibadah Haji. Sedangkan sisanya kurang lebih Rp 40.000.000 ditanggung oleh dana nilai manfaat dari Badan Pengelola Keuangan Haji.

Bagaimana dengan haji plus? Haji plus 2024 membutuhkan dana minimal $11.000 hingga mencapai $17.000 untuk durasi kurang lebih 25 hari. Biaya ini tentu lebih mahal daripada haji reguler. Pasalnya, program ini menawarkan layanan khusus dengan fasilitas VIP.

Fasilitas VIP mencakup hotel bintang lima yang berlokasi sangat dekat dengan Masjid Nabawi dan Masjidil Haram. Fasilitas lainnya adalah layanan makan yang juga lebih istimewa, serta pendampingan tour leader dan Muthawif untuk 45 orang saja. Untuk bimbingan manasik, calon jamaah haji plus mendapatkan bimbingan ini hingga dua kali di Indonesia.

Harga paket tersebut juga meliputi tiket pesawat pergi dan pulang, visa haji plus, bus transportasi di Saudi, asuransi perjalanan, handling di Jakarta dan Saudi Arabia, serta perlengkapan haji seperti koper, tas paspor, baju dan sabuk ihram atau mukena, dan buku doa. Fasilitas lainnya adalah calon jamaah dapat menentukan siapa yang akan berada di satu kamar, dengan gender sama tentunya. Fasilitas menarik lainnya adalah tenda AC di Arafah dan Mina dimana pembimbing ibadah haji profesional selalu siap 24 jam untuk melayani jamaah haji.

Penyelenggara haji plus adalah agen haji dan umroh dari pihak swasta Penyelenggara Ibadah Haji Khusus yang bekerja sama dengan Kemenag RI.  Tentu saja, banyak keistimewaan dalam mendaftar haji plus di agen swasta. Keistimewaan utama adalah calon jamaah mendapat panduan dari staff secara intensif terkait informasi terbaru yang sangat diperlukan calon jamaah haji.

Intinya, ada perbedaan signifikan dari haji reguler dan haji plus. Pertama, adalah masa tunggu dari haji reguler yang jauh lebih lama dibandingkan dengan haji plus. Perbedaan kedua adalah durasi waktu di tanah suci dimana jamaah haji plus berada di tanah suci maksimal 30 hari saja. Sedangkan jamaah haji reguler berada di tanah suci selama 40 hari.

Tentu, ada perbedaan signifikan soal biaya. Hal ini tentu terkait dengan fasilitas yang diterima jamaah haji plus yang jauh lebih lengkap dan nyaman dibandingkan jamaah haji reguler. Fasilitas nyaman ini termasuk hotel bintang lima dan tenda ber AC di Mina dan Arafah untuk jamaah haji plus. Fasilitas untuk jamaah haji reguler adalah penginapan standar dengan jarak minimal 2 kilometer dan maksimal 5 kilometer dari Masjidil Haram, serta tenda biasa di Arafah dan Mina.

Calon jamaah haji yang tertarik dengan haji plus dapat mendaftarkan di berbagai agen haji dan umroh yang juga adalah Penyelenggara Ibadah Haji Khusus atau PIHK yang memiliki reputasi bagus. Pastikan bahwa PIHK tersebut telah berizin resmi dari Kementerian Agama Republik Indonesia. Jamaah haji dapat membandingkan harga paket dari berbagai agen, sesuai kebutuhan dan anggaran.

haji plus 7

Bagaimana dengan Haji Furoda?

Tersedia pula pilihan haji yang langsung berangkat non kuota atau haji furoda dengan harga paket minimal $25.000. Haji Furoda ini justru paling menguntungkan karena calon jamaah haji dapat langsung berangkat. Paket ini sangat berbeda dengan paket haji lainnya dari Kementerian Agama, meskipun Penyelenggara Ibadah Haji Khusus untuk haji Furoda ini juga masih berada di bawah pengawasan Kemenag RI.

Perbedaan utamanya adalah dalam hal jenis visa serta masa tunggu. Jamaah haji yang memilih haji plus memiliki masa antrian hingga 7 tahun. Sedangkan haji Furoda merupakan jenis program haji dimana jamaah dapat berangkat langsung tanpa antrean. Jamaah haji juga menggunakan visa mujamalah yaitu visa dari pemerintah Arab Saudi.

Visa ini diterbitkan melalui kerjasama perusahaan swasta dengan kedutaan besar Arab Saudi. Perusahaan tersebut memiliki otoritas penuh untuk fasilitas yang akan dinikmati haji furoda. Fasilitas tersebut termasuk Maktab Haji spesial dan sebagainya.

Banyak keuntungan yang didapatkan calon jamaah haji dengan fasilitas ini. Selain tanpa antri, mereka juga dapat menggunakan sistem e-Hajj online resmi dari pemerintah Arab Saudi. Jaminan beribadah dengan tenang dengan fasilitas eksklusif dan nyaman tentunya akan mendukung kelancaran ibadah haji furoda yang kurang lebih 24 hari, terhitung dari hari keberangkatan hingga hari kepulangan.

Saat ini, haji furoda juga sudah mendapatkan legalitas di Indonesia. Peraturan ini tertuang melalui melalui Undang-undang No 8 Tahun 2019 yang mengatur tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah (UUPIHU). Tentunya, harga paket haji furoda juga cukup fantastis meskipun jamaah haji juga menikmati fasilitas yang setara dengan harga paket.

 

Segera Siapkan Dana untuk Keberangkatan ke Tanah Suci

Impian Anda untuk menjadi jamaah haji plus tentu dapat terwujud. Anda dapat menabung atau mengikuti program yang diselenggarakan agen travel haji. Berbagai bank juga menawarkan produk simpanan dengan berdasar pada akad mudharabah. Kelebihan ini dapat Anda manfaatkan untuk segera berangkat haji plus, baik sendiri ataupun dengan anggota keluarga.

Fasilitas keuangan dari berbagai bank juga memudahkan calon jamaah haji dimana mereka dapat menabung dengan setoran ringan. Biasanya, tidak ada biaya administrasi sehingga tidak memberatkan calon jamaah. Calon jamaah haji juga dapat memilih fasilitas autodebet bulanan sehingga mereka dapat menabung dengan mudah dan nyaman.

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top