travel umroh penipuan

Hati Hati Dengan Travel Umroh Penipu Dan Kenali Cirinya

Lagi lagi dan lagi selalu terulang kejadian jamaah umroh yang tertipu, ternyata diluar sana masih banyak agen travel umroh yang nakal.

 

Jamaah Umroh Terlantar, Salah Siapa?

 

Berita yang sedang viral dan hangat-hangatnya tentang jamaah umroh terlantar 2023 dari Jember yang terlantar di Madinah, mulai dari tidak dapet hotel sampai makanan. Gara-gara pihak Travel umroh tidak bisa mengelola keuangannya.

Kejadiannya pada bulan Oktober 2023 dan dibawah ini adalah kisah dari salah satu jamaah Umroh dari Jember yaitu Pak Slamet:

travel umroh penipuan 1

Kisah jamaah umroh yang terlantar di Madinah asal Jember itu viral setelah beredar video yang diunggah di akun TikTok @udarafiq

Dalam video tersebut, tampak salah satu jamaah umrah asal Jember bernama Slamet bercerita tentang dirinya beserta rombongannya yang terlantar di Madinah usai melaksanankan Umroh di Mekah.

 

Pertama-tama Pak Slamet bercerita kalo dirinya dan jamaah umroh rombongannya dijanjikan untuk bisa tinggal di hotel.

Janjinya itu ada tiket, hotel dan akomodasi lainnya. Ternyata gaada, kata Pak Slamet.

 

Sementara itu, jamaah yang lain juga bercerita bahwa rombongan umrohnya mendapat perlakuan tak mengenakkan, yakni diusir dari hotel.

Setelah dari hotel diusir, kita disuruh keluar. Terus berkeliling untuk dicarikan hotel dan tidak ada. Akhirnya ditempatkan di losmen, kata jamaah lain.

 

Padahal,  menurut Pak Slamet dan jamaah lain mengaku bahwa dirinya sudah membayar biaya umroh sebanyak 37 juta rupiah untuk ibaadah umroh selama 16 hari.

Agen travel umroh yang digunakan Pak Slamet beserta rombongan menggunakan jasa agen travel umroh yang berlokasi di Jember.

 

Jamaah umroh asal Jember itu juga mengatakan bahwa ada sekitar 2 kloter rombongan atau 2 bis yang total jamaahnya berjumlah 101 jamaah yang tidak terurus oleh pihak agen travel ini.

 

Pak Slamet bercerita bahwa ada sejumlah kejanggalan mulai dari awal berangkat, harusnya berangkat dari Surabaya langsung Jedah tapi aktualnya dari Jember naik bis ke Jakarta padahal di perjanjian awalnya yang sudah di infokan pihak agen travel umroh tidak seperti itu.

Dari Jakarta transit di bandara Mumbai dan tidak dapat makanan, bahkan sampai ke Jeddah Arab Saudi pun tidak dikasih makan dan minum.

 

Menurut penuturan Pak Slamet, jamaah umroh telah berkomunikasi dengan pihak agen travel umroh, namun pihak travel umroh disebut sudah tidak memiliki uang.

Sehingga akhirnya, salah satu jamaah umroh harus mengeluarkan uang pribadi sebesar 80 juta rupiah agar bisa menginap di hotel. Dan juga pihak KBRI di sana turut membantu untuk mencarikan hotel untuk para jamaah yang terlantar.

 

Selama di Arab Saudi, Slamet mengaku banyak hal kurang mengenakkan yang terjadi, mulai dari makanan yang telat hingga jamaah sepuh yang jatuh sakit.

Hingga selesai menunaikan ibadah umroh dan pulang ke Indonesia, Pak Slamet dan rombongan jamaah umroh yang lain tetap menggunakan uang pribadi untuk beli tiket pesawat.

 

Beruntung ada salah satu travel yang turut membantu Pak Slamet dan rombongan jamaah umroh lainnya untuk bisa pulang ke Jember.

Meski demikian, dirinya mengaku bahwa ada sekitar 45 jamaah umroh yang belum bisa pulang ke Indonesia dan harus tinggal di losmen Madinah kebanyakan jamaah umroh yang sudah sepuh.

 

Sebagian dari mereka tak bisa pulang karena tidak memiliki biaya untuk pulang.

Sementara itu, menurut Pak Slamet, banyak keluarganya yang di Indonesia mendemo pihak travel yang berpusat di Bondowoso, hingga sekarang sudah ditangani oleh pihak polres.

 

Ternyata penipuan Travel umroh bukan hanya dari harga yang terlalu murah tapi bisa juga dari harga umroh yang normal pada umumnya. Simak penjelasan dibawah ini agar Anda terhindar dari penipuan travel umroh.

travel umroh penipuan 3

Cara Terhindar dari Travel Umroh Penipuan

 

Perjalanan ibadah umroh adalah salah satu ibadah penting dalam agama Islam yang diimpikan oleh banyak umat Muslim. Namun, seiring dengan peningkatan permintaan untuk umroh, muncul pula risiko penipuan yang mengancam calon jamaah umroh. Untuk memastikan perjalanan ibadah umroh Anda berjalan dengan lancar dan aman, berikut beberapa cara untuk terhindar dari penipuan:

 

Riset dan Pilih Travel Umroh Terpercaya

Sebelum memutuskan agen travel perjalanan umroh, lakukan riset mendalam. Pastikan agen travel umroh tersebut memiliki izin resmi dari Kementerian Agama dan telah terdaftar di Asosiasi Perjalanan Umroh yang terkemuka. Dan baca ulasan dari jamaah sebelumnya serta periksa reputasi agen travel umroh tersebut.

 

Waspadai Tawaran Biaya Umroh Terlalu Murah

Penawaran perjalanan umroh dengan harga yang terlalu murah seharusnya menimbulkan kecurigaan. Hindari agen travel umroh yang menjanjikan potongan harga besar-besaran, karena ini bisa menjadi tanda penipuan. Biaya umroh melibatkan transportasi, akomodasi, dan layanan lainnya yang memiliki biaya tetap.

 

Tanyakan Rincian Biaya Umroh

Sebelum Anda melakukan pembayaran, pastikan untuk meminta rincian biaya umroh secara terperinci. Anda harus tahu dengan jelas apa yang termasuk dalam biaya paket umroh Anda, termasuk akomodasi, makanan, transportasi, dan visa. Hindari agen travel umroh yang tidak transparan dalam hal biaya.

 

Periksa Paket Umroh dengan Teliti

Sebelum mendaftar pada agen travel umroh dan melakukan pembayaran, bacalah semua persyaratan dengan cermat. Pastikan Anda memahami kondisi pembatalan, tanggal keberangkatan, dan semua peraturan yang terkait dengan perjalanan umroh Anda. Jika ada yang tidak jelas, tanyakan kepada pihak agen travel umrohnya.

 

Pertimbangkan Rekomendasi dari Teman dan Keluarga

Mendengarkan pengalaman teman dan keluarga yang telah melaksanakan ibadah umroh sebelumnya dapat memberikan wawasan berharga. Mereka mungkin dapat merekomendasikan agen travel umroh yang telah terbukti aman, terpercaya dan dapat diandalkan.

 

Periksa Izin dan Regulasi

Pastikan agen perjalanan umroh Anda memiliki izin resmi dari Kementerian Agama dan sesuai dengan regulasi yang berlaku atau bisa juga dicek no izin umrohnya. Hal ini akan memberikan jaminan bahwa agen travel umroh tersebut telah memenuhi standar yang ditetapkan.

 

Jangan Bayar Penuh di Awal

Hindari membayar seluruh biaya perjalanan umroh di awal. Sebaiknya lakukan pembayaran secara bertahap sesuai dengan yang tercantum dalam perjanjian dengan pihak travel umrohnya, biasanya untuk pembayaran awal itu bayar DPnya saja. Ini akan memberi Anda perlindungan jika terjadi masalah atau kejanggalan pada pihak travel umrohnya sebelum waktu keberangkatan.

 

Gunakan Sistem Pembayaran yang Aman

Pastikan untuk menggunakan sistem pembayaran yang aman dan terjamin, seperti transfer bank resmi ke no rekening PT atau perusahaan travel umrohnya. Hindari pembayaran tunai atau melalui metode yang tidak jelas.

 

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat meminimalkan risiko jatuh ke dalam penipuan perjalanan ibadah umroh. Keamanan dan keselamatan dalam ibadah umroh sangat penting, sehingga Anda dapat fokus pada ibadah dan pengalaman spiritual tanpa perlu khawatir tentang masalah keuangan atau perusahaan travel umroh yang buruk.

travel umroh penipuan 2

 

Pilih Travel Umroh Terpercaya

Travel umroh Al Hijaz di kelola oleh PT Alhijaz Indowisata telah berdiri sejak tahun 2000. Dan sudah memiliki izin resmi dari Pemerintah RI untuk menyelenggarakan ibadah umroh dan ibadah Haji.

 

Kenapa Pilih Travel Umroh AlHijaz?

Travel umroh Alhijaz telah mengantongi ijin resmi dari pemerintah RI. Keberangkatan kami InsyaAllah selalu tepat waktu dengan beberapa paket umroh yang lengkap, serta senantiasa menyediakan pembimbing atau Mutowif berkualitas yang sesuai sunah Rasulullah Shalallaahu Alaihi Wassalaam. Hal tersebut telah menjadi bukti keseriusan kami travel umroh Al Hijaz dalam memberikan pelayanan terbaik untuk para calon jamaah umroh.

 

Kami berkantor di gedung milik sendiri, resmi terdaftar di Kementrian Agama RI, mempunyai ruang manasik sendiri, banyak pilihan paket haji ataupun umroh, berangkat tepat waktu minimal 3 kali dalam seminggu, jadwal tepat waktu adalah komitmen kami untuk jamaah-jamaah yang berstatus karyawan atau pekerja eksekutif yang mempunya cuti secara terjadwal.

Secara Legalitas perusahaan kami resmi terdaftar di Kemenag RI. Dalam hal pendaftaran menyediakan rekening pembayaran ke rekening perusahaan langsung tanpa menampung ke rekening personal.

 

 

Pilihan Paket Travel Umroh AlHijaz

Sebagai travel umroh di Al Hijaz kami menyediakan beberapa pilihan paket umroh, baik itu paket umroh reguler, paket umroh promo, paket umroh plus turki , paket umroh plus thaif dan paket umroh city tour serta paket Umroh Ramadhan, pada setiap bulan kami membuka paket Promo Umroh. Kami travel umroh Al Hijaz siap membantu Anda sekalian untuk mendapatkan keterangan lebih detail.

 

Daftarkan Segera paket Umroh Murah, Badal Umroh atau Program Haji Plus. Travel umroh Al Hijaz Indowisata Mengutamakan Kepuasan Jama’ah Selama di Tanah Suci.

Travel umroh Al hijaz sebagai travel haji dan umroh yang sangat berpengalaman membawa jamaah  Umroh ke Baitullah .

Semoga perjalanan ibadah umroh Anda berjalan lancar dan penuh berkah.

Silahkan langsung  klik tombol WA untuk mendapatkan info lebih lanjut.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top