biaya haji 2024 2

Biaya Haji 2024 Resmi Naik Jadi 93,4 Juta, Apa Saja Yang Perlu Disiapkan?

Biaya Haji 2024 terbaru Kemenag Dalam rapat penetapan biaya haji tahun 1445H/2024 pemerintah bersama legislator di Jakarta, Kementerian Agama (Kemenag) dan Komisi VIII DPR sepakati Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) 1445 H/2024 M. Kesepakatan ini dirumuskan dalam Rapat Kerja Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas beserta jajarannya dengan Komisi VIII DPR RI di Senayan, Jakarta.

 

Biaya Haji 2024 terbaru Kemenag

 

Raker ini menyepakati besaran BPIH Biaya Haji 2024 terbaru Kemenag untuk setiap jemaah haji reguler rata-rata sebesar Rp93.410.286.

 

Besaran BPIH tahun 1445 H/ 2024 M sebesar Rp93.410.286. Biaya ini terdiri dari Bipih rata-rata per jemaah sebesar Rp56.046.172 atau 60 persen, dan penggunaan nilai manfaat per jemaah sebesar Rp37.364.114 atau 40 persen, kata Menag Yaqut dalam rapat penetapan biaya haji tahun 2024 di Jakarta.

 

Mentri Agama Yaqut menyampaikan bahwa pengesahan hasil Raker Biaya Haji 2024 terbaru Kemenag akan menjadi dasar bagi Presiden RI untuk menetapkan BPIH. Hal ini sebagaimana termaktub dalam Pasal 48 UU Nomor 8 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah, bahwa besaran BPIH ditetapkan oleh Presiden atas usul Menteri Agama setelah mendapat persetujuan DPR RI.

biaya haji 2024 1

Mentri Agama Yaqut mengucapkan terima kasih dan apresiasi, serta penghargaan yang se­tinggi-tingginya kepada Pimpinan dan Anggota Komisi VIII DPR-RI yang telah dan senantiasa memberikan perhatian dan dukungan terhadap upaya peningkatan kualitas Penyelenggaraan Ibadah Haji dari tahun ke tahun.

 

Terkait hasil rapat penetapan biaya haji tahun 2024, Pemerintah dan DPR telah menyepakati besaran BPIH yang terdiri dari Bipih yang dibayar langsung oleh jemaah haji, dan besaran penggunaan nilai manfaat, jelas Mentri Agama Yaqut.

 

Mentri Agama Yaqut juga menyampaikan bahwa Raker telah menyepakati BPIH tahun 1445 H/ 2024 M ditetapkan dalam mata uang Rupiah, meskipun sebagian besar biaya operasional haji dibayarkan dalam mata uang asing, yakni Saudi Arabian Riyal (SAR) dan US Dollar (USD).

 

Dengan disetujui hasil pembahasan Panitia Kerja BPIH untuk dapat disahkan menjadi BPIH tahun 1445 H/ 2024 M. Dinamika yang terjadi selama proses pembahasan dengan perbedaan pendapat di antara kita merupakan cerminan dari wujud demokrasi, sekaligus menunjukkan betapa besar keinginan dan harapan kita untuk senantiasa berupaya meningkatkan pelayanan kepada Jemaah Haji.

Komitmen untuk terus memperjuangkan peningkatan pelayanan kepada Jemaah Haji ini semoga dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan di masa-masa mendatang.

Informasi diatas adalah resmi didapatkan dari web kemenag.go.id

 

Jadi untuk calon jamaah haji setelah mendapatkan informasi tentang biaya haji 2024 atau ongkos naik haji tahun ini, silakan untuk mempersiapkan hal-hal yang menyangkut tentang ibadah haji tahun 2024.

biaya haji 2024 3

Persiapan Penting untuk Jamaah Haji Tahun 2024

 

Jamaah haji tahun 2024 dapat menghadapi perjalanan ibadah yang berkesan dengan melakukan persiapan yang matang. Haji merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan sekali seumur hidup bagi yang mampu. Dengan menjalani persiapan yang tepat, jamaah haji dapat memastikan bahwa mereka dapat melaksanakan ibadah haji ini dengan khusyuk dan lancar. Berikut adalah beberapa hal yang perlu disiapkan oleh jamaah haji tahun 2024:

 

  1. Kesiapan Fisik dan Kesehatan

Menjalani ibadah haji membutuhkan kebugaran fisik yang baik. Jamaah haji perlu menjaga kesehatan mereka sebelum berangkat. Pemeriksaan kesehatan rutin, vaksinasi, dan konsultasi dengan dokter dapat membantu memastikan bahwa jamaah haji dalam kondisi yang baik selama perjalanan.

 

  1. Pelaksanaan Rukun dan Sunnah Haji

Memahami rukun dan sunnah haji sangat penting. Jamaah haji perlu mempelajari langkah-langkah pelaksanaan haji, mulai dari ihram, wuquf di Arafah, tawaf, sa’i, hingga tahallul. Pemahaman yang baik akan membantu jamaah haji menjalankan ibadah dengan benar.

 

  1. Pemahaman Prosedur Keberangkatan dan Kedatangan

Jamaah haji perlu memahami prosedur keberangkatan dan kedatangan, termasuk proses imigrasi, keamanan, dan transportasi di Arab Saudi. Mengetahui prosedur ini akan membantu mengurangi stres dan memastikan perjalanan yang lancar.

 

  1. Persiapan Materi dan Perlengkapan

Persiapkan perlengkapan dan materi yang dibutuhkan selama perjalanan, seperti pakaian ihram, perlengkapan mandi, obat-obatan pribadi, dan perlengkapan tidur. Pastikan semua perlengkapan memenuhi standar keamanan dan kenyamanan.

 

  1. Keuangan dan Dokumen

Pastikan bahwa keuangan jamaah haji teratur dan mencukupi selama perjalanan. Periksa dokumen seperti paspor, visa, dan tiket pesawat untuk memastikan semuanya valid dan sesuai.

 

  1. Mental dan Spiritual

Selain persiapan fisik, persiapkan diri secara mental dan spiritual. Fokus pada niat yang tulus, tingkatkan ibadah, dan bersiaplah menghadapi tantangan dengan ketenangan pikiran.

 

  1. Keterampilan Komunikasi

Pelajari dasar-dasar bahasa Arab atau setidaknya keterampilan dasar komunikasi untuk memudahkan interaksi dengan masyarakat setempat dan sesama jamaah haji.

 

  1. Pengetahuan Lokal dan Budaya

Mengenal budaya lokal dan kebiasaan masyarakat di Arab Saudi dapat membantu jamaah haji beradaptasi dengan lingkungan sekitar dan menghormati nilai-nilai lokal.

 

Dengan persiapan yang matang dalam aspek fisik, mental, dan spiritual, jamaah haji regular tahun 2024 dapat menjalani perjalanan ibadah haji dengan penuh makna dan mendapatkan pengalaman yang mendalam serta berharga.

 

Semoga yang berangkat ibadah Haji tahun 2024 dimudahkan dan diberikan kelancaran dalam beribadah serta menjadi Haji yang mabrur dan bermanfaat untuk diri sendiri serta orang lain.

 

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top