fakta menarik tentang kiswah kabah

10 Fakta Menarik Tentang Kiswah Kabah Yang Belum Banyak Orang Tau

Ketika berbicara tentang simbol-simbol keislaman yang mendalam, Kiswah Kabah pasti akan menduduki salah satu tempat terdepan.

Kiswah, yang merupakan kain yang menutupi Kabah di Mekah, memiliki sejarah dan makna yang kaya.

 

Sejarah Kiswah Kabah

 

Kiswah adalah kain yang menutupi Kabah di Makkah, Saudi Arabia. Kiswah pertama kali dibuat oleh Adan Bin Ad, dibuat dari bahan kulit unta.

Pembuat kiswah yang terkenal pada masa Jahiliah adalah ad-Dibaj Natilah binti Hibban, ibu dari Abbas bin Abdul Muthalib.

Pada masa-masa sebelumnya Umar bin Khattab memotong-motongnya dan membagi-bagikannya kepada para jamaah yang hendak menggunakannya sebagai pelindung dari panasnya suhu kota Makkah.

Warna kiswah berganti-berganti, tradisi ini dimulai sejak masa Khalifah Al Mahdi. Saat ini, kiswah tak selalu dibuat di Arab Saudi.

Kiswah terbuat dari 700 kilogram sutera asli dan dihiasi ayat suci Al-Qu’ran.

Kain Kiswah ini biasanya diganti setiap tahun pada tanggal 9 Dzulhijjah, hari ketika jamaah haji berjalan ke Bukit Arafah pada musim Haji.

Nama kiswah dalam bahasa Arab berarti ‘selubung’ (kain yang dikenakan pada peti) dan kata kisui dalam bahasa Ibrani.

fakta menarik tentang kiswah kabah 4

 

Fakta Menarik Kiswah Kabah

Berikut adalah sepuluh fakta menarik tentang Kiswah Kabah yang mungkin belum banyak diketahui oleh banyak orang:

 

  1. Material Berkualitas Tinggi

Kiswah Kabah terbuat dari bahan kain sutra hitam yang berkualitas tinggi. Kain ini diimpor dari berbagai negara seperti Mesir, Bangladesh, dan Italia.

 

  1. Pembuatan Kiswah

Kiswah diproduksi secara khusus di Pabrik Kiswah di Mekah. Proses pembuatannya memakan waktu berbulan-bulan dan melibatkan banyak pekerja ahli.

 

  1. Desain Khas Kiswah

Kiswah dihias dengan kaligrafi indah yang mencakup ayat-ayat Al-Qur’an dan ornamen-ornamen tradisional. Desainnya sering berubah setiap tahunnya.

 

Baca juga: Paket Umroh Januari 2024

  1. Pelindung Kabah

Selain sebagai simbol kehormatan dan rasa hormat terhadap Kabah, Kiswah juga berfungsi sebagai pelindung terhadap panas dan debu gurun.

fakta menarik tentang kiswah kabah 2

 

  1. Tradisi Lama

Sejarah Kiswah Kabah dapat ditelusuri kembali ke masa Khalifah Umar bin Khattab. Tradisi ini telah berlangsung selama lebih dari 14 abad.

 

  1. Pergantian Tahunan

Setiap tahun, Kiswah lama digantikan dengan yang baru pada malam Arafah saat ibadah haji. Proses ini merupakan upacara besar yang dihadiri oleh banyak pejabat dan ulama.

Setiap tahun, kiswah lama diangkat, dipotong-potong menjadi beberapa bagian kecil dan dihadiahkan kepada beberapa orang, pejabat Muslim asing yang berkunjung dan organisasi asing.

Baca juga: Biaya Haji Plus 2024

  1. Harga Mahal Kiswah Kabah

Mengingat bahan berkualitas tinggi dan kerumitan desainnya, Kiswah memiliki harga yang sangat mahal. Biaya pembuatannya diangkat dari sumbangan kaum muslimin di seluruh dunia.

Biaya pembuatan kiswah saat ini mencapai SR 17.000.000. Kain ini memiliki luas 658m2 dan terbuat dari sutera seberat 670 kg.

Jahitannya terdiri dari benang emas seberat 15 kg. Kain ini terdiri dari 47 bagian kain dan masing-masing kain memiliki panjang 14m dan lebar 101m.

 

  1. Ukiran Emas di Kiswah Kabah

Selain kaligrafi, Kiswah juga dihias dengan benang emas yang menghasilkan efek yang sangat mewah saat terkena cahaya matahari.

Kiswah dipasang mengitari Ka’bah dan direkatkan ke tanah menggunakan cincin tembaga Jahitan ayat-ayat Quran yang biasanya dirancang secara manual sekarang dibantu oleh komputer yang mempercepat masa pembuatan kain ini.

fakta menarik tentang kiswah kabah 5

 

  1. Simbol Kesucian

Kiswah Menutupi Kabah dan Kiswah bukan hanya soal estetika, tetapi juga merupakan simbol kesucian, perlindungan, dan rasa hormat terhadap tempat suci tersebut.

Baca juga: Cuaca di Mekah Februari 2024

 

  1. Kisah Inspiratif

Kiswah Kabah bukan hanya simbol fisik, tetapi juga mengandung banyak nilai-nilai spiritual dan sejarah yang mendalam.

Kiswah mengingatkan umat Islam tentang pentingnya kesucian, rasa hormat, dan persatuan dalam kepercayaan mereka.

 

Kiswah Kabah Simbol Berharga

 

Kiswah Kabah adalah salah satu simbol paling berharga dalam tradisi Islam. Dengan sejarah yang kaya dan makna mendalam, Kiswah terus menjadi bagian integral dari ritual dan kepercayaan umat Islam di seluruh dunia.

Itulah kisah tentang sepuluh fakta menarik tentang Kiswah Kabah yang mungkin belum banyak diketahui oleh banyak orang.

Semoga kisah diatas menambah keimanan dan membuat Anda selalu rindu untuk segera beribadah ke tanah suci Mekkah dan Madinah.

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top